Thursday, January 3, 2019

Cara Menyetel Klep (Valve) Pada Speda Motor 4tak - TeoriOtomotif99

Cara Menyetel Katup Motor 4tak

Assalamualaikum wr.wb
Katup pada speda motor berguna sebagai membuka dan menutupnya saluran IN dan EX katup juga berfungsi sebagai masuknya gas campuran bahan bakar ke ruang bakar dan sebagai keluarnya gas sisa pembakaran ke kenalpot , Katup sendiri memiliki banyak nama lain diantaranya Klep sebutan orang bengkel, Katup menurut bahasa indonesia dan Valve dalam bahasa inggris. langsung saja tanpa basa-basi kita masuk ke cara penyetelan katup, diantaranya.

Siapkan terlebih dahulu alat-alat yang akan digunakan untuk penyetelan sbb:
  • Fuller Gauge : Untuk menyetel celah katup
  • Kunci Ring   : Untuk mengendorkan dan mengencangkan mur katup, ukuran kunci yang digunakan sesuai kebutuhan biasa yang digunakan kunci ( 8,9,10,11)
  • Kunci T : Untuk memutar magnet, kunci sesuai kebutuhan
  • Kunci Adjusting Klep : Untuk memutar dan menahan baut klep
  • dan lain-lain
Setelah alat-alat sudah siap selenjutnya adalah penyetelan katup. Berikut langkah-langkahnya :
  1. Buka penutup katup IN dan EX
  2. Buka lubang baut Magnet dan penutup gear noken AS
  3. Buka baut pengintai lubang magnet (lubang Navor)
  4. Selanjutnya kita putar magnet ke kiri menggunakan kunci T untuk motor transmisi manual sedangkan untuk motor matic kita putar ke kanan karna magnet berada di sebelah kanan. Karena kebanyakan motor sekarang sudah menggunakan ADS jika kita salah memutar magnet akibatnya ADS langsung bekerja dan dapat merusak Fungsi ADS itu sendiri. Jika sudah tau sekarang kita lanjutkan untuk memutar magnet sampai langkah kompresi, dengan tanda-tanda saat magnet diputar perhatikan katup in turun lalu naik lagi, setelah itu magnet tetap diputar sampai tanda IT terlihat tepat pada lubang navor/ tepat dengan tanda penyesuai. Dan tanda gear noken as tepat dengan tanda penyesuai. 
  5. Setelah itu kita cek dengan menggerakan katup in dan ex dua duanya harus bebas (kocak)
  6.  Selanjutnya kita masukkan Fuller gauge kedalam celah katup dengan ukuran sesuai spesifikasi motor yang akan kalian setel, contoh ; untuk ukuran motor dengan cc dibawah 100 cc kita menggunakan fuller ukuran celah katup in dan ex 0,08mm, dan untuk motor dengan cc 150 ke atas menggunakan ukuran 0,1mm.
  7. Untuk penyetelan, katup in terlebihdahulu dengan cara kita kendorkan mur katup lalu masukkan fuller gauge ke celah katup dan kencangkan baut katup lalu kencangkan mur, dengan ciri-ciri penyetelan yang benar yaitu; Apabila fuller ditarik terasa seret dan apabila didorong melengkung. Apabila sudah seperti itu berarti penyetelan sudah benar.
  8. Selanjutnya penyetelan katup buang (Ex), caranya sama dengan penyetelan katup in tetapi celah agak dilonggarkan sedikit dari celah katup masuk (in).
  9. Setelah selesai penyetelan kita pasang kembali semua dan nyalakan mesin. Apabila suara mesin halus maka penyetelan berhasil, apabila suara mesin kasar maka penyetelan harus diulang kembali.
Begitulah kurang lebihnya cara menyetel katup apabila banyak kekurangan saya mohon maaf.
Selamat mencoba
Wassalamualaikum wr.wb


No comments:

Post a Comment

Cara Menyetel Kopling Sepeda Motor - TeoriOtomotif99

Cara menyetel Kopling Pada Sepeda Motor Assalamualaikum wr.wb Kopling pada sebuah Engine sepeda motor berperan sebagai penghubung / pen...