Thursday, January 3, 2019

Car Menyetel Karburator - TeoriOtomotif99

Cara Meyetel Karburator

Assalamualaikum wr.wb
Sebelumnya disini saya akan berbagi sedikit teori bagaimana cara menyetel sistem bahan bakar engine Konvensional (karburator). Karburator berfungsi sebagai, Mencampur udara dan bahan bakar sesuai dengan kebutuhan mesin dengan perbandingan ideal 15:1 yaitu 15 gram udara dan 1 gram bahan bakar.

Cara Menyetel Karburator :
Kondisi Mesin Hidup: 
  • Pertama tama kita nyalakan mesin terlebihdahulu dan biarkan sejenak agar mesin panas, karena penyetelan karburator yang baik adalah saat kondisi mesin panas.
  • Setelah itu kita mulai menyetel dengan kondisi mesin masih hidup, dengan cara : Putar terlebih dahulu putaran Stasioner /ISAS (idle sped adjusting screw) kearah jarum jam sampai putaran RPM naik kira-kira 3000 RPM.
  • Setelah itu putar putaran Angin-angin/IMAS (idle Mixture adjusting screw) kearah jarum jam sampai mentok lalu putar kembali berlawanan arah jarum jam sampai suara putaran RPM tertinggi lalu berhenti. Cara mengetahui putaran IMAS tertinggi: apabila sudah dirasa putaran stasioner tertinggi apabila diputar kembali searah jarum jam suara stasioner turun maka suara putaran stasioner tadi sebelum memutar kembali kearah jarum jam ialah menandakan Suara putaran stasioner angin angin tertinggi.
  • Setelah sudah menyetel angin angin putaran tertinggi, lalu putar lagi putaran Stasioner/ISAS berlawanan jarum jam sampai putaran rpm turun sesuai stasioner yang diinginkan dan mesin bisa hidup stasioner. 
Kondisi Mesin Mati : Penyetelan pada kondisi mesin mati biasa dilakukan pada saat setelah pembongkaran karburator/ penservisan karburator untuk penyetelanya yaitu. dengan cara :
  1. Memutar putaran ISAS searah jarum jam sampai mentok lalu putar kembali 3 setengah putaran berlawanan jarum jam
  2. untuk setelan IMAS putar sampai mentok searah jarum jam lalu putar kembali 1 setengah putaran berlawanan jarum jam. 
Itulah sedikit ilmu dari saya apabila banyak kekurangan saya mohon maaf semoga dapat bermanfaat terimakasih.


No comments:

Post a Comment

Cara Menyetel Kopling Sepeda Motor - TeoriOtomotif99

Cara menyetel Kopling Pada Sepeda Motor Assalamualaikum wr.wb Kopling pada sebuah Engine sepeda motor berperan sebagai penghubung / pen...