Friday, May 3, 2019

Cara Menyetel Platina Honda GL 100 - TeoriOtomotif99

Cara Menyetel Platina Honda GL Pro 

Platina ( Breaker point ) ialah komponen pengapian yang berfungsi memutus dan menghubungkan arus listrik tegangan tinggi dari ignition coil secara induksi. Berikut cara menyetel platina Honda GL.
  1. langkah pertama penyetelan Gap Platina 
  • Posisikan tanda O pada piringan platina dengan tanda penyesuai lalu kencangkan lagi baut piringan platina
  • Putar Magnet menggunakan kunci T12 ke arah kiri sampai celah gap platina membuka paling lebar
  • Setelah itu kita stel celah gap platina menggunakan fuller gauge ukuran 0,3-0,4mm dengan cara mengendorkan baut platina lalu celah platina disetel dengan fuller gauge, setelsh itu kencsngksn kembali baut pengikat.
      2. langkah kedua penyetelan pada saat pengapian 
  • Putar magnet kearah kiri menggunakan kunci T12 sampai langkah kompresi, setelah itu kita perhatikan tanda pada lubang pengintai di magnet dengan tetap memutar magnet sampai terlihat tanda IF tepat pada tanda penyesuai dada lubang pengintai.
  • Selanjutnya kita pasang Multitester dengan sekala hambatan/ ohm Ω x1 lalu pasang prob ke body dan ke platina bolak balik gak masalah
  • Apabila jarum bergerak ke kana berarti platina dalam posisi NA (disebut pengapian terlambat) berarti kita harus memutar piringan platina ke kanan dengan mengendorkan terlebihdahulu baut pengunci piringan platina. lalu piringan platina diputar ke kanan sampai jarum berputar kembali ke kiri, setelah itu kita kencangkan kita kencangkan lagi baut pengikat piringan platina. Jika sudah kita tes dengan cara sedikit memutar magnet ke kanan, jarum harusbergerak ke kanan dan jik kita putar krmbali ke kiri sampai pas kembali ke tanda IF, jarum harus bergerak kembali ke kiri, jika sudah begitu berarti kita sudah berhasil.
  • Dan langkah terakhir sambung kabel lalu kita tes dengan menyalakan mesin.

No comments:

Post a Comment

Cara Menyetel Kopling Sepeda Motor - TeoriOtomotif99

Cara menyetel Kopling Pada Sepeda Motor Assalamualaikum wr.wb Kopling pada sebuah Engine sepeda motor berperan sebagai penghubung / pen...